Longer Access Token – Facebook Graph API

Akhir-akhir ini data dari media sosial tidak hanya penting bagi social media analyst,  tapi juga big data engineer, data scientist, atau statistician secara umum. Data media sosial adalah sumber data observasi yang tidak hanya up-to-date, tapi juga bisa didapatkan dengan mudah, menjangkau cakupan lokasi yang sangat luas (menyeluruh), dan cuma-cuma bin gratis. Mendapatkan data yang besar dari media sosial seperti twitter cenderung lebih mudah, karena tidak hanya API-nya lebih “ramah”, access token kita-pun bersifat permanen [Post1, Post2]. Sayangnya Facebook (FB) tidak demikian.

Seperti yang sudah dibahas di post sebelumnya access token yang dibutuhkan untuk mengambil data FB hanya berlaku selama satu jam. Artinya kalau kita hendak meng-import (crawl) data FB dengan skala besar (e.g. big data) menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Tapi ndak usah hawatir, melalui post ini saya akan menjelaskan bagaimana mendapatkan access token FB yang lebih lama (2 bulan). O iya, cara ini legal kok, insya Allah saya ndak mengajarkan cara ilegal (baca: haram) :) … Artikel ini dibuat karena dokumentasi graph API FB “menurut saya” sangat sulit untuk dipahami.

Pengantarnya sudah kepanjangan, biasanya pembaca ndak suka basa-basi … ok, mari kita mulai.

  1. Membuat App baru [Atau bisa menggunakan App lama jika sudah ada] Klik link berikut dan buat App baru dengan meng-klik tombol “Add a New App”: https://developers.facebook.com/apps/
    Kolom “Display Name”, “Contact eMail”, dan “Category” silahkan di isi semau Agan. Mengarang bebas kayak dulu waktu SD juga boleh … :) … walau di isi serius lebih baik. Setelah “ok”, silahkan kembali buka link https://developers.facebook.com/apps/ dan klik App yang baru saja dibuat.
  2. Mencatat informasi App
    Setelah klik link diatas, catat informasi “App ID” dan “App Secret” [e.g. copas ke Notepad/sembarang text editor sederhana].
  3. Generate Token Sementara:
    Klik link berikut https://developers.facebook.com/tools/explorer/ yakinkan dikanan atas  “Application: ” = nama aplikasi yang baru saja dibuat sebelumnya.
    fb_explorerPilih “get token” ==> “Get user access token” ==> “Get access Token”
    Lalu catat lagi token sementara ini [short_lived_token] : Yang panjang di bar paling atas.
  4. Generate Long access token:
    Copas URL ini tapi ganti tulisan yang warna biru dengan informasi di step-step sebelumnya:https://graph.facebook.com/v2.2/oauth/access_token?grant_type=fb_exchange_token&client_id={app_id}&client_secret={app_secret}&fb_exchange_token={short_lived_token}

    Hasilnya akan “seperti ini”:
    access_token=EAAXjOE1JUoIG0KGP3woKTAB5v7vxEudFsdfrthhD9k9U20J12SMOg7eh67AB551ZAar5cpUoZD&expires=5184000Long_access_token-nya adalah string setelah “=” pertama, sampai sebelum “&expires=” [string biru].

    Catatan: Jangan lupa hapus tanda kurung kurawal “{}” di atas.

  5. Validasi token :
    Silahkan cek token diatas di URL ini:
    https://developers.facebook.com/tools/debug/accesstoken/?q=Long_access_token

That’s it!, gampang kan? iya kan? :D …. selamat mencoba dan happy crawling serta bermain-main dengan big data sungguhan ;) …. Kalau ada pertanyaan silahkan komentar di bawah …

Cheers,

< / TES >® ~ BNE 19/09/2016,16:13:06

6 thoughts on “Longer Access Token – Facebook Graph API

Leave a Reply